Cocok Buat Status Medsos di Hari Pahlawan, Ini Kata Inspiratif dari Para Pahlawan Indonesia

- 10 November 2020, 10:34 WIB
Logo Hari Pahlawan 2020.
Logo Hari Pahlawan 2020. /Kemensos



PRFMNEWS - Hari ini, 10 November 2020, diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan hari nasional ini ditetapkan oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959.

Hari Pahlawan ditetapkan dalam rangka mengingat perjuangan rakyat Indonesia dalam Pertempuran Surabaya yang berlangsung pada tanggal 10 November 1945.

Dimana pertempuran itu menewaskan setidaknya hingga 6.000 pejuang.

Baca Juga: Waspada ! Bandung Utara, Selatan dan Barat Berpeluang Diguyur Hujan Sore Nanti

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Ini Potret Habib Rizieq Shihab di Dalam Pesawat Saudi Airlines

Di salah satu pidatonya dalam memperingati Hari Pahlawan pada 10 November tahun 1961, Soekarno mengatakan, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”.

Banyak pahlawan yang telah bertempur juga membangkitkan semangat rakyat untuk memperjuangkan juga mempertahankan kemerdekaan Indonesia dahulu.

Berikut kata–kata inspiratif dari para pahlawan kita dalam usaha menggapai kemerdekaan:

Baca Juga: Sinopsis American Ultra, Tayang Malam Ini di Trans TV Pukul 23.30 WIB

Baca Juga: Ini Agenda Pertama Habib Rizieq Setelah Tiba di Indonesia

1. “Dan hanya semangat kebangsaan yang dipikul oleh perasaan keadilan dan kemanusiaan yang dapat mengantar kita maju dalam sejarah dunia” - Sutan Sjahrir.

2. “Bahwa kemerdekaan suatu negara, yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta, benda, dari rakyat dan bangsanya, tidak akan lenyap oleh manusia siapapun juga” - Jenderal Soedirman.

3. “Negara ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat – istiadat tertentu, tapi milik kita dari Sabang sampai Merauke!”- Ir. Soekarno .

4. “Kita tidak akan menang bila kita masih terus mengingat semua kekalahan” - Cut Nyak Dien.

5. “Hanya ada dua pilihan, menjadi apatis atau mengikuti arus. Tetapi aku memilih untuk jadi manusia merdeka” - Soe Hok Gie.

Baca Juga: Pesan Wakil Bupati Bandung di Hari Pahlawan 2020 : Jangan Sampai Melupakan Pahlawan

Baca Juga: Terjun Bebas! Berikut Update Harga Emas Logam Mulia Hari Ini Selasa 10 November 2020

6. “Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri” - Mohammad Yamin.

7. “Agar persatuan dan kepedulian tak makin pudar, teruslah menjunjung tinggi sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia” - Bung Hatta.

8. “Pattimura-pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak pattimura – pattimura muda akan bangkit” - Kapitan Pattimura.

9. “Kami sanggup dan berjanji bertempur terus sampai cita–cita tercapai” - I Gusti Ngurah Rai. 

10. “Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar – benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka” - Bung Tomo.*** (Nadya Kinasih Alkautsar/JOB)

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x