Dana Hibah Pariwisata Rp3,3 Triliun Bakal Disalurkan ke 101 Daerah di Indonesia

- 23 Oktober 2020, 17:32 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. /Dok Kemenparekraf.

PRFMNEWS – Sebanyak 101 daerah kabupaten dan kota di Indonesia bakal menerima bantuan dana hibah untuk menjaga keberlangsungan ekonomi khususnya sektor pariwsata. Bantuan dana sebesar Rp3,3 triliun bakal dinikmati oleh ratusan daerah tersebut.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio hibah yang akan disalurkan ke 101 daerah kabupaten dan kota ini akan dilaksanakan hingga Desember 2020.

Wishnutama menyatakan, hibah tersebut dapat diimplementasikan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) serta industri hotel dan restoran yang saat ini sedang mengalami penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta gangguan finansial akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Melonjak Lagi, Hari Ini Positif Corona di Indonesia Bertambah 4.369 Kasus

“Dana hibah ini diharapkan dapat membantu industri pariwisata untuk meningkatkan kesiapan destinasi dalam penerapan protokol kesehatan dengan lebih baik,” paparnya pada Konferensi Pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 21 Oktober 2020.

Sementara itu, mekanisme penyaluran Dana Hibah Pariwisata melalui transfer ke daerah. Langsung ditujukan ke Pemda serta usaha hotel dan restoran di 101 daerah kabupaten/kota yang sesuai dengan kriteria. Antara lain, Ibukota 34 Provinsi, berada di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) dan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP), daerah yang termasuk 100 Calendar of Event (COE), destinasi branding, juga daerah dengan pendapatan dari Pajak Hotel dan Pajak Restoran (PHPR) minimal 15 persen dari total PAD tahun anggaran 2019.

Hibah pemerintah ini diharapkan menjadi pemantik awal bangkitnya pariwisata di Indonesia. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Baik untuk pelaku usaha maupun wisatawan.***

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x