Menkes Terawan Siapkan Vaksin Covid-19 dari 3 Opsi

- 16 Oktober 2020, 11:45 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona Covid-19.
Ilustrasi vaksin virus corona Covid-19. /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah tengah berusaha menyediakan vaksin Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia dari tiga opsi pilihan.

Opsi pertama yaitu membeli vaksin dari Cina dan Inggris, kedua adalah jaminan pasokan vaksin dari organisasi internasional, dan terakhir memproduksi sendiri Vaksin Merah Putih dalam negeri.

"Sambil menunggu vaksin Merah Putih yang diperkirakan baru akan siap pada awal 2022, kita manfaatkan kerja sama dengan China dan Inggris," ujar Terawan dikutip dari ANTARA, Jumat 16 Oktober 2020.

Baca Juga: Siapa yang Diprioritaskan Dapat Vaksin Covid-19? Ini Jawaban Menkes Terawan

Terawan mengatakan, pihaknya menargetkan pasokan vaksin dari China dan Inggris dapat memenuhi kebutuhan minimal 70 persen penduduk.

Sementara Kolaborasi dengan organisasi internasional Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) bisa menjamin penyediaan vaksin bagi 20 persen penduduk, dan vaksin Merah Putih bisa menutupi vaksin yang belum terpenuhi.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Aplikasi Reksa Dana untuk Pemula

Selain itu, para peneliti di dalam negeri mengembangkan Vaksin Merah Putih dengan menggunakan strain virus corona tipe baru yang menular di Indonesia.

"Pemerintah sudah menyatakan peminatan untuk dapat mengakses sampai 100 juta dosis vaksin yang dikembangkan oleh Oxford University dan AstraZeneca pada 2021," ungkapnya.***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x