Puan Maharani Minta Pemerintah Percepat Penyaluran Bantuan UMKM

- 16 Oktober 2020, 09:35 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani*
Ketua DPR RI, Puan Maharani* /Instagram.com/@puanmaharani

PRFMNEWS - Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta Pemerintah untuk mempercepat penyaluran bantuan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sebab UMKM berperan penting dalam pemulihan ekonomi.

Puan mengatakan, penyaluran bantuan UMKM harus sejalan dengan percepatan penyerapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Sebab para pelaku UMKM ini akan menggerakan perekonomian lokal dan nasional,” ujar Puan usai berdialog dengan para perajin tenun Cakcak (Songket Bali) di Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar, Bali, Kamis 15 Oktober 2020.

Baca Juga: Demo Penolakan UU Cipta Kerja Terjadi di Banyak Daerah, Prabowo Sebut di Baliknya Ada Pihak Asing

Puan menyampaikan, UMKM terbukti mampu menjadi bagian dari solusi untuk masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. "Terbukti di sini, mereka yang kehilangan pekerjaan di sektor pariwisata, kembali ke rumah, bekerja sebagai penenun kain Cakcak," imbuhnya.

Selain itu ia menekankan harus ada terobosan agar penyerapan anggaran PEN dapat sesuai target, baik secara jumlah, penerima, dan manfaatnya untuk masyarakat. Menurutnya, penyerapan anggaran dapat dilakukan dengan peningkatan pelaksanaan program kesehatan, perlindungan sosial, serta bantuan pada pelaku UMKM.

"Harus ada upaya khusus dalam mempercepat penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional tersebut,” pungkasnya.***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: dpr.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x