Mensos Pastikan Penyaluran Bantuan Tetap Aman Jika Terjadi Bencana

- 13 Oktober 2020, 13:29 WIB
Menteri Sosial Juliari P. Batubara.
Menteri Sosial Juliari P. Batubara. /Tangkap layar Youtube/Sekretariat Kabinet RI//Youtube/Sekretariat Kabinet RI

PRFMNEWS - Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari Batubara mengaku sudah mengantisipasi peningkatan curah hujan akibat fenomena La Nina yang bisa memengaruhi penyaluran bantuan kepada masyarakat.

Juliari mengatakan, pihaknya sudah menyiagakan 39 ribu relawan di seluruh wilayah Indonesia yang selalu siap membantu jika ada bencana.

"Sehingga ketika bencana terjadi, Kemensos tinggal menginstruksikan para relawan untuk ke lokasi bencana dan melakukan kegiatan terkait distribusi bantuan," ujar Juliari dalam rapat terbatas Presiden bersama para menteri, Selasa 13 Oktober 2020.

Baca Juga: Fenomena La Nina, Luhut: Waspadai Multi Bencana Hujan Deras, Gempa Hingga Tsunami

Pihaknya memastikan ketersediaan logistik bantuan sosial selalu dalam keadaan siap sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo.

Terkait teknis penyaluran bantuan jika terjadi bencana di daerah tersebut, salah satunya adalah menyiapkan tenda pengungsian dan diberlakukan sesuai protokol kesehatan dengan memperhatikan jumlah pengungsi dalam setiap tenda atau tempat pengungsian.

"Namun nanti teknis pelaksanaannya disesuaikan tergantung lokasinya. Tapi yang pasti pengungsi akan kita berikan masker dan alat proteksi diri agar tidak terjadi klaster di lokasi pengungsian," pungkasnya.***

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x