Pasca Lebaran, Ini Daftar Penyakit Paling Banyak Dikeluhkan dan Cara Cegah Terserang Gangguan Kesehatan

- 14 April 2024, 17:00 WIB
ilustrasi sakit perut
ilustrasi sakit perut /Pixabay/unknowuserpanama

PRFMNEWS – Berbagai penyakit biasanya dikeluhkan masyarakat usai momen Lebaran Idul Fitri. Kondisi ini salah satunya dipicu akibat konsumsi makanan olahan daging dan santan seperti rendang hingga opor ayam secara berlebihan. Ditambah lagi kue kering dan kudapan manis lainnya yang kadang sulit dikontrol.

Konsumsi makanan khas Lebaran yang tinggi kalori, lemak, gula, dan garam tersebut secara berlebihan tentu beresiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan sehingga masyarakat rentan mengalami beragam keluhan penyakit.

Adapun beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pasca Lebaran seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, antara lain flu dan batuk, kadar kolesterol naik, gula darah meningkat, asam urat naik, radang tenggorokan, diare, hingga gangguan pada lambung seperti maag.

Baca Juga: Viral Video Kereta Cepat Whoosh Disebut Bocor Saat Hujan, KCIC Minta Maaf dan Beri Penjelasan

Sejumlah cara dapat dilakukan untuk mencegah terserang penyakit pasca Lebaran akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak hingga gula yang paling banyak menyerang organ pencernaan hingga organ pernapasan itu.

Cara pertama yang bisa diterapkan agar terhindari dari penyakit tinggi kolesterol, gula darah naik, diare, dan lainnya tersebut adalah tentu dengan menyeimbangkan porsi dan memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi.

Selain itu perlu menerapkan pola makan makan sehat gizi seimbang yaitu dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan.

Baca Juga: Curhatan Warga Kapok ke Masjid Raya Al Jabbar Lantaran Harus Bayar Pungli Parkir Berkali-kali

Lalu, berolahraga secara teratur dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30-60 menit di tengah rutinitas saat berhari raya, serta mencegah lonjakan berat badan dengan makan dengan porsi yang tidak berlebihan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x