Mudik Lebaran Pakai Mobil ? Ini 8 Bagian Mobil yang Wajib di Cek Sebelum Mudik

- 5 April 2024, 18:00 WIB
ILUSTRASI mudik pakai mobil
ILUSTRASI mudik pakai mobil /PRFMNEWS

PRFMNEWS - Perayaan Hari Raya Idulfitri diperkirakan akan jatuh pada tanggal 10-11 April 2024. Momen yang paling ditunggu saat Hari Raya Idulfitri yaitu mudik ke kampung halaman demi bisa berkumpul bersama keluarga.

Arus mudik saat Hari Raya akan dipastikan akan mengalami kemacetan. Menurut prediksi Kementerian Perhubungan Budi Karya Sumadi, jumlah penduduk Indonesia yang akan mudik ke kampung halaman pada tahun 2024 ini yaitu ada sekitar 193,6 juta.

Jumlah ini meningkat lebih dari 50% dibandingkan pada tahun 2023 dimana jumlah penduduk yang mudik pada tahun lalu yaitu sekitar 123,8 juta penduduk.

Saat mudik banyak cara yang digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Selain menggunakan transportasi umum, tak sedikit pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, sebelum melakukan perjalanan mudik dengan mobil, ada beberapa daftar komponen mobil yang harus diperiksa terlebih "to do list" dahulu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Berikut ini bagian mobil yang harus diperiksa sebelum mudik.

1. Ban

Komponen yang paling penting adalah ban. Sebab, ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan sehingga wajib diperhatikan kondisinya.

Pastikan ban dalam kondisi siap pakai, seperti telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga. Ban yang sudah aus lebih baik diganti. Pastikan pula tekanan angin ban sudah sesuai.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x