Buka Mudikpedia di HP, Bisa Pantau CCTV Real Time, Peta Kuliner, Info Cuaca, hingga Tarif Tol Secara Mudah

- 2 April 2024, 19:30 WIB
Aplikasi Mudikpedia Lebaran 2024.
Aplikasi Mudikpedia Lebaran 2024. /

PRFMNEWS – Perjalanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi semakin nyaman dan ceria salah satunya berkat kemudahan informasi seputar perjalanan melalui website Mudikpedia yang diluncurkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Buku elektronik Mudikpedia ini menghadirkan info live CCTV untuk memantau titik kemacetan lalu lintas, cek tarif tol, prediksi cuaca di sepanjang jalur mudik dari BMKG, nomor telepon darurat, daftar mudik gratis, pesan tiket, hingga peta kuliner, hanya cukup lewat handphone (HP).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan, buku elektronik Mudikpedia melanjutkan kerja tim komunikasi publik yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya untuk memberikan panduan kepada masyarakat yang akan mudik.

“Semua informasi yang dibutuhkan telah dirangkum dalam booklet ini. Semoga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para pembaca,” ujar Usman dalam keterangan resminya, Kamis 27 Maret 2024.

Baca Juga: ASN di Kabupaten Bandung Diimbau Mudik Tak Pakai Kendaraan Dinas dan Masuk Tepat Waktu Seusai Cuti Lebaran

Panduan dan informasi di buku elektronik Mudikpedia, imbuhnya, semakin penting karena diprediksi jumlah pemudik yang melonjak pada 2024 dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kementerian Perhubungan menyatakan pergerakan masyarakat selama periode Lebaran Idulfitri 2024 bisa mencapai 193,6 juta orang.

“Tentu pemudik perlu mendapat informasi saat akan melakukan perjalanan. Penjelasan dalam buku elektronik ini lengkap sehingga mereka bisa menentukan, misalnya kapan dan melalui jalur mana saat akan mudik. Masyarakat bisa memantau lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, rest area, pom bensin terdekat, rumah makan, posko kesehatan,” jelasnya.

“Buku ini bisa juga jadi teman bacaan selama perjalanan, karena di dalamnya juga ada informasi terkait latar belakang, sejarah dan berbagai hal menarik tentang tradisi mudik di Indonesia, serta informasi keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU),” sambungnya.

Mudikpedia hadir dengan konsep living document di mana kontennya akan terus di-update. Tersedia juga pantauan lalu lintas secara langsung melalui CCTV di beberapa lokasi seperti Bandung, Jawa Timur, jalan tol BPJT PU, dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x