Selamat Hari Batik Nasional! Berikut Alasan Kenapa 2 Oktober Ditetapkan Sebagai Hari Batik Nasional

- 2 Oktober 2020, 07:32 WIB
Hari Batik Nasional: Ilustrasi proses pembuatan Batik indonesia
Hari Batik Nasional: Ilustrasi proses pembuatan Batik indonesia /*Pixabay

PRFMNEWS – Pemerintah menetapkan hari ini sebagai Hari Batik Nasional. Sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia, kain dengan motif khas ini harus terus dilestarikan. Salah satunya dengan mengenakan batik pada saat keseharian.

Batik pun memiliki ciri dan corak yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Cirebon contohnya yang memiliki beragam batik khas. Di antaranya motif paksi naga liman, megamendung, patran keris, singa payung, dan lain sebagainya.

Sementara Pekalongan yang banyak disebut kota batik, batik yang dimiliki pun beragam. Motif jlamprang, motif liong, motif sogan, dan motif lainnya.

Baca Juga: Bantuan Kuota Internet Dikritik, Pemerintah Seakan Jadi 'Calo' Aplikasi Belajar Online

Lantas apa alasan pemerintah menetapkan hari batik pada tanggal 2 Oktober?

Ternyata hari Batik ditetapkan sudah sejak 11 tahun lalu pada saat Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden atau tepatnya tahun 2009.

Tanggal 2 Oktober 2020 dipilih sebagai Hari Batik Nasional lantaran di tanggal tersebut Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Baca Juga: Layanan SIM Keliling Kabupaten Bandung Hari Ini Masih di Baleendah

UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x