BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Saat Mudik-Balik Lebaran 2024 Terutama pada Periode Tanggal ini

- 27 Maret 2024, 08:40 WIB
Kendaraan roda empat pemudik antre untuk menaiki kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (1/5/2023).
Kendaraan roda empat pemudik antre untuk menaiki kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (1/5/2023). //Ardiansyah/foc/ANTARA FOTO

PRFMNEWS – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi perjalanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi akan dihadapkan dengan potensi cuaca ekstrem khususnya pada periode tanggal tertentu.

Cuaca ekstrem pada periode tanggal tertentu pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 ini diperkirakan BMKG akan berpengaruh terhadap potensi turunnya hujan disertai angin dan petir hingga memicu gelombang tinggi air laut.

Untuk itu Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama melakukan perjalanan arus mudik dan balik Lebaran 2024 baik bagi pengguna transportasi darat, pesawat udara, maupun kapal laut.

Baca Juga: Pemudik Diminta Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Masa Mudik Balik Lebaran Tahun ini

Pasalnya, BMKG memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah sepanjang masa mudik Lebaran 2024. Mengingat saat ini Indonesia tengah memasuki masa pancaroba, peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

"Kami mengimbau kepada seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik. Dinamika atmosfer di Indonesia sangat dinamis, sehingga bisa tiba-tiba berubah," ungkap Dwikorita usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin 25 Maret 2024.

Dwikorita menerangkan, secara umum kondisi cuaca selama pekan mudik dibagi dalam tiga fase periodik. Masing-masing, periode sepekan sebelum Lebaran yakni pada tanggal 3-9 April 2024 dimana BMKG memprediksi wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan dalam kategori ringan - sedang.

“Periode kedua, sepekan saat Lebaran 2024 yaitu pada tanggal 10-16 April 2024 yang diprediksi kondisi cuaca di Indonesia secara umum cerah - cerah berawan,” paparnya.

Baca Juga: Kenapa Cuaca Panas Terik Terasa di Bandung Meski Belum Kemarau? BMKG Ungkap Penyebabnya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x