Satu di Jabar, Ini Daftar 7 Stasiun KAI Segera Dipercantik Kemenhub Tanpa Hilangkan Nilai Sejarah

- 12 Maret 2024, 19:00 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi /Kemenhub/

PRFMNEWS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan revitalisasi dan beautifikasi (mempercantik) 7 (tujuh) stasiun kereta api (KA) milik PT KAI tanpa menghilangkan bentuk bangunan bersejarah yang dimiliki.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan upaya revitalisasi dan beautifikasi tujuh stasiun kereta api di mana salah satunya ada di wilayah Jawa Barat (Jabar) ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan KAI.

Daftar tujuh stasiun yang akan dipercantik dan diperindah secara bertahap, ujar Menhub, yaitu Stasiun Klaten, Lempuyangan, Yogyakarta, Cirebon, Solo Balapan, Solo Jebres, serta Solo Kota.

Baca Juga: Selain Cirebon, 3 Stasiun KAI di Kota Solo Masuk Daftar Beautifikasi oleh Kemenhub

“Selain melestarikan bangunan stasiun, beautifikasi juga dilakukan untuk mengedepankan kenyamanan pelanggan. Ruang tunggu serta sirkulasi naik dan turun penumpang akan dioptimalkan,” ujar Menteri Budi Karya saat meninjau kondisi eksisting bangunan dan kawasan Stasiun Klaten dan Lempuyangan, Senin 11 Maret 2024.

Stasiun Klaten merupakan bagian dari jalur kereta api pertama di Indonesia yang diresmikan pada 9 Juli 1871 dan juga stasiun pertama yang dibangun di antara Solo-Jogja.

Saat ini dalam satu bulan, jumlah rata-rata penumpang kereta jarak jauh Stasiun Klaten berjumlah 21.910 orang berangkat dan 21.109 orang datang. Sedangkan jumlah rata-rata penumpang kereta api commuter sebanyak 32.094 orang per bulan.

Sedangkan Stasiun Lempuyangan merupakan salah satu stasiun tua yang ada di Yogyakarta.

Stasiun Lempuyangan atau yang awalnya bernama Stasiun Djokdja diresmikan pada 2 Maret 1872 oleh NISM (Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij) yaitu instansi milik pemerintah kolonial Belanda yang bergerak pada bidang transportasi kereta api.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x