Pimpin SKP, Jokowi Beri 3 Arahan Jelang Ramadhan 2024 dan Ingatkan RAPBN 2025 Sesuai Hasil Pilpres

- 27 Februari 2024, 07:00 WIB
Presiden Jokowi.
Presiden Jokowi. /BPMI/



PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan tiga poin arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna (SKP) kepada para menteri dan pimpinan/kepala lembaga terkait persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi. SKP ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Senin 26 Februari 2024.

Selain memberi arahan berbagai persiapan yang perlu dilakukan para jajarannya tersebut dalam rangka menyambut Ramadan dan Lebaran Idul Fitri 2024, Presiden Jokowi juga membahas soal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2025.
 
"Dalam sidang kabinet paripurna hari ini ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, yang pertama bulan Maret kita akan memasuki bulan Ramadan dan di bulan April kita akan merayakan Idulfitri 1445 H," ucap Jokowi.

Baca Juga: Golkar Sudah Beri Surat Tugas ke Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki untuk Maju di Pilgub DKI Jakarta 2024
 
Guna memastikan masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan tenang dan khusyuk selama Ramadhan dan ketika Lebaran, pertama, Presiden menginstruksikan seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk menjaga persediaan pangan dan stabilitas harga bahan pokok.

Kemudian kedua, Presiden menekankan agar seluruh kementerian dan lembaga terkait memastikan penyaluran bantuan sosial bisa dipercepat sehingga kebermanfaatannya dirasakan masyarakat saat Ramadhan hingga Idul Fitri tiba.

"Saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok, dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jaminan sosial," tuturnya.
 
Selanjutnya, Jokowi berpesan agar infrastruktur dan moda transportasi untuk mendukung tradisi mudik dan balik Lebaran 2024 betul-betul dipersiapkan dengan baik sehingga keamanan dan keselamatan masyarakat dapat semakin terjamin.

“Cek betul kesiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan mudik oleh masyarakat. Saya kira ini setiap tahun kita selalu siapkan karena ini adalah event tahunan,” ujar Presiden.

Baca Juga: Ramadhan 2024 Sebentar Lagi, Awal Puasa Tanggal Berapa? Ini Jadwal Versi Pemerintah dan Muhammadiyah
 
Lebih lanjut, Kepala Negara menggarisbawahi pentingnya persiapan untuk RKP dan kebijakan fiskal tahun 2045 sebagai jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan dan mengakomodasi program Presiden terpilih. Jokowi menekankan kepada jajarannya untuk menjaga keberlanjutan pembangunan dalam penyusunan RKP dan kebijakan fiskal tersebut.

"Ini juga kita sambil menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU maka RAPBN 2025 harus disiapkan dengan memperhatikan hasil pilpres karena yang menjalankan APBN 2025 adalah presiden terpilih," ucap Jokowi.
 
Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global, Jokowi menekankan pentingnya memahami situasi dan risiko ketidakpastian ekonomi global. Presiden pun menyoroti perekonomian sejumlah negara yang sudah masuk ke dalam resesi.
 
“Kita tahu semuanya bahwa beberapa negara ekonominya sudah masuk ke resesi, seperti Jepang, Inggris, baru saja masuk ke resesi itu, sehingga antisipasi dalam menyusun target pertumbuhan juga harus mencerminkan kehati-hatian, tapi optimisme dan kredibilitas juga tetap harus kita jaga. Lakukan penajaman fokus program pemerintah pusat dan daerah dengan menyiapkan contingency plan, jika terjadi gejolak dan krisis,” ujarnya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Ketoprak di Bandung yang Enaknya Bikin Nagih

Presiden kembali menegaskan bahwa kebijakan fiskal tahun 2025 harus terus mendukung berlanjutnya transformasi ekonomi yang telah dilakukan selama dekade terakhir. Dia menyerukan kolaborasi semua pihak untuk memastikan efektivitas rencana dan kebijakan yang telah ditetapkan.
 
"Untuk postur makro fiskal dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2025 transformasi ekonomi harus--yang telah kita jalani selama 10 tahun terakhir--harus terus berlanjut sehingga kebijakan fiskal harus mendukung keberlanjutan transformasi ekonomi," tuturnya. ***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x