Tentukan Awal Ramadhan, Kemenag Gelar Sidang Isbat 10 Maret 2024

- 20 Februari 2024, 15:30 WIB
Kementerian Agama yang tetapkan tanggal pemantauan hilal awal Ramadhan/Tangkapan layar gambar teleskop pixabay @juno1412 //
Kementerian Agama yang tetapkan tanggal pemantauan hilal awal Ramadhan/Tangkapan layar gambar teleskop pixabay @juno1412 // /

PRFMNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Sidang isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin.

Sidang tersebut akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta, secara hybrid atau penggabungan daring dan luring.

Proses sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Tetapkan Hari Pertama Puasa 1 Ramadhan 2024 Resmi Diumumkan Kemenag

Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menambahkan bahwa pihaknya juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang isbat.

Proses sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

"Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Bimas Islam," ujar Adib.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x