Harga BBM Non Subsidi Pertamina Tidak Naik pada Februari, Ternyata Ini Alasannya

- 5 Februari 2024, 14:00 WIB
SPBU Pertamina.
SPBU Pertamina. /Pertamina

PRFMNEWS - PT Pertamina (Persero) tidak menaikkan harga bahan bakar minyak atau BBM nonsubsidi meski harga minyak mentah dunia dan kurs per Februari 2024 mengalami kenaikan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah mendukung keputusan Pertamina untuk tidak menaikkan harga BBM nonsubsidi, walaupun harga bensin di kompetitor lain sudah naik dengan tujuan menjaga stabilitas dan daya beli masyarakat.

"Keputusan Pertamina tidak menaikkan harga BBM tentu baik untuk menjaga stabilitas dan juga daya beli masyarakat. Tentu ini bisa berdampak luas bagi perekonomian nasional," ujar Erick dikutip dari ANTARA.

Erick juga menyebut Pertamina sudah melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya. Sebagai perusahaan BUMN, Pertamina dinilai turut berperan dalam menjaga stabilitas ekonomi.

Baca Juga: Ahok Umumkan Mundur dari Jabatan Komisaris Utama Pertamina, Ini Alasannya

"Pertamina juga sudah melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya sehingga bisa menghasilkan BBM dengan harga terbaik," kata Erick.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, perseroan menjalankan efisiensi dengan digitalisasi yang terintegrasi pada semua proses bisnis dari hulu ke hilir.

Hal ini pada akhirnya memberi dampak pada efisiensi biaya produksi, sehingga perseroan bisa memberikan harga terbaik untuk masyarakat.

"Dengan digitalisasi ini yang bisa mengubah operating model atau cara bekerja yang pada akhirnya bisa menciptakan value dalam bentuk cost optimization, sehingga Pertamina bisa memproduksi dan memberikan BBM dengan harga terbaik kepada masyarakat," kata Nicke.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x