Ini Perbedaan Moda Transportasi Modern BRT, MRT, dan LRT yang Harus Kamu Pahami

- 30 Januari 2024, 10:45 WIB
LRT Jabodebek.
LRT Jabodebek. /PT KAI/

PRFMNEWS - Moda transportasi massal di kota besar terus mengalami peningkatan. Ada beberapa jenis transportasi publik yang mengangkut banyak orang baik itu dengan lokomotif bertenaga listrik atau bus yang bertenaga listrik.

Mulai dari MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit) sampai dengan BRT (Bus Rapid Transit).

Seperti diketahui saat ini, sistem transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya ditargetkan untuk bisa mulai beroperasi pada pertengahan 2024.

Baca Juga: Terungkap Alasan Pemprov Jabar Prioritaskan 4 Koridor BRT Bandung Raya ini Beroperasi di 2024

Namun tahukah kamu apa perbedaan dari ketiga jenis moda transportasi tersebut? Buat kamu yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. BRT

BRT merupakan singkatan dari Bus Rapid Transit di mana layanan BRT memiliki jalur khusus yang terpisah dari kendaraan pribadi atau publik lainnya selain Trans Metro Bandung (TMB).

BRT adalah sistem transit massal berbasis bus yang memberikan mobilitas cepat, nyaman dan berbiaya rendah dalam pelayanannya sebagai angkutan dalam perkotaan.

BRT menggunakan jalur khusus dan pelayanan prima terhadap pengguna yang pada dasarnya adalah mengadaptasi karakteristik kinerja dan keandalan pelayanan dari sistem transit modern berbasis rel, akan tetapi dalam biaya yang lebih rendah.

Kecepatan transit tipikal dari sistem BRT rata-rata dari 19–48 km/jam dimana mengkomparasikan dengan permukaan jalan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x