KAI Akan Hadirkan 2 Kereta Api Baru Layani Perjalanan Mudik Lebaran 2024, Ke Mana Rutenya?

- 26 Januari 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi pelayanan Kereta Api
Ilustrasi pelayanan Kereta Api /Dok PT KAI

PRFMNEWS – PT KAI berencana meluncurkan dua kereta api (KA) baru untuk mendukung perjalanan masa arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Hal ini diungkap Kepala PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, Buntar Ris Wirawan.

Buntar mengatakan, PT KAI Daop 9 Jember sudah mengusulkan ke kantor pusat terkait izin operasional dua kereta api baru yang diharapkan segera melayani masyarakat pada 2 (dua) bulan ke depan atau sekira Maret 2024 yang bertepatan dengan momen arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Rute yang akan dilayani dua KA baru ini, ujar dia, adalah Jakarta - Surabaya - Banyuwangi (PP) dan Malang - Jember - Banyuwangi (PP). Rencana tersebut seiring semakin tingginya angka pengguna kereta api untuk menuju ke wilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Baca Juga: Sistem Pinjol Berbunga untuk Bayar Uang Kuliah Mahasiswa, ITB: Postingan Viral Hasil Obrolan Personal

Buntar menjelaskan, KA baru yang akan melayani rute Banyuwangi - Malang (PP) bakal menggunakan set rangkaian kereta kelas eksekutif baru. Pembukaan rute ini sebagai respons atas tingginya animo penumpang terhadap rute tersebut yang selama ini hanya dilayani oleh KA Tawang Alun kelas ekonomi bersubsidi atau PSO.

“Ini tinggal menunggu turunnya izin tentang penambahan rute Banyuwangi - Malang dengan kelas eksekutif. Semoga semuanya lancar agar bisa beroperasi dalam 2 bulan ke depan,” kata Buntar saat bertemu Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Lounge Pelayanan Publik Pemkab Banyuwangi, Kamis 25 Januari 2024.

Sedangkan terkait rute baru yakni Banyuwangi - Jakarta (PP), dia mengungkap rencananya akan dilayani menggunakan KA Blambangan Ekspres yang saat ini sudah beroperasi melayani relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Banyuwangi (PP).

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal Truk di Cipongkor Sebabkan 5 Korban Meninggal dan Puluhan Orang Luka

“Kita akan extend (perpanjang rute) KA Blambangan Ekspress. Kalau saat ini dari Ketapang (Banyuwangi) hanya sampai ke Semarang, rencananya akan diperpanjang menuju Jakarta. Sudah kita usulkan ke pusat. Semoga Februari (izin) sudah keluar sehingga lebaran sudah jalan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x