Tol Japek 2 Selatan Bisa Jadi Jalur Alternatif Gratis Bandung-Jakarta Saat Arus Balik Nataru

- 19 Desember 2023, 13:30 WIB
Tol Japek II Selatan arah Jakarta yang disiapkan dibuka secara fungsional dan situasional di arus Nataru.
Tol Japek II Selatan arah Jakarta yang disiapkan dibuka secara fungsional dan situasional di arus Nataru. /Dok Jasa Marga

PRFMNEWS - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Japek 2) Selatan Ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer secara fungsional pada periode arus balik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Sehingga jika dibuka, maka pengendara bisa menjadikan ruas jalan tol baru ini menjadi jalur alternatif rute Bandung-Jakarta.

Ruas Jalan Tol Japek 2 Selatan tersebut akan dibuka sebagai jalur alternatif Bandung-Jakarta pada masa arus balik Nataru sesuai diskresi kepolisian sehingga sifatnya situasional. Rencana tersebut diungkap Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana.

Lisye menekankan bahwa pengoperasian secara fungsional Ruas Sadang-Kutanegara ini dilakukan untuk mendukung arus balik dari arah Bandung menuju Jakarta.

Baca Juga: Jasa Marga Siap Buka Tol Japek 2 Selatan Secara Fungsional Saat Arus Nataru

Kendati begitu, ruas tersebut hanya akan dibuka apabila terjadi kepadatan atau kemacetan di Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama (Kalitama), dan di Tol Japek arah Palimanan maupun arah Cikampek.

"Hal yang perlu menjadi catatan adalah Jalan Tol Japek 2 Selatan ini dibuka secara situasional untuk periode arus balik Natal dan Tahun Baru, karena akses masuknya ada di Sadang, Jalan Tol Cipularang dari arah Bandung menuju Jakarta,” ujar dia, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Selasa, 19 Desember 2023.

"Kepolisian juga akan melakukan evaluasi bersama dengan Jasa Marga. Dilihat juga situasi (di jalan arteri) Jalan Industri apakah masih sanggup menampung kendaraan yang akan keluar dari GT Kutanegara ruas Jalan Tol Japek 2 Selatan. Atas dasar itulah pihak kepolisian menentukan Tol Japek 2 Selatan ini dibuka secara situasional," imbuhnya.

Nantinya apabila dibuka, pengguna jalan tol dari arah Bandung bisa masuk dari akses Sadang di Tol Cipularang dan keluar di GT Kutanegara. Kemudian masuk ke Jalan Industri dan selanjutnya masuk lagi melalui GT Karawang Timur atau GT Karawang Barat.

Baca Juga: Ternyata ini Alasan Jasa Marga Tidak Beri Diskon Tarif Tol Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x