Ini Daftar 43 Kosmetik Bahaya dari Luar Negeri yang Dirilis BPOM RI, Bisa Bikin Rusak Ginjal sampai Kanker

- 16 Desember 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi kosmetik.
Ilustrasi kosmetik. /Pexels/Engin Akyurt

PRFMNEWS - Kosmetik dan skincare semakin banyak beredar, terutama merek-merek asal luar negeri. Jika biasanya kosmetik impor dikenal karena kualitasnya, namun kini kamu harus hati-hati.

Karena menemukan lebih dari 40 produk kosmetik berbahaya yang diimpor dari luar negeri sepanjang September 2022 hingga Oktober 2023. Plt Kepala BPOM Lucia Rizka Andalucia menyebut seluruh produk yang berbahaya tidak terdaftar di Indonesia, alias beredar secara ilegal.

Seperti yang kita tahu saat ini, tampil cantik memukau adalah dambaan banyak perempuan. Beragam produk kosmetik sering kali dipakai untuk menyempurnakan tampilan sehari-hari.

Baca Juga: Polisi Tembak Pelaku Begal Bersajam Modus Prostitusi Online di Karawang

Tingginya peminat kosmetik tersebut membuat pihak tak bertanggung jawab mendatangkan banyak produk dari luar negeri, yang belum terbukti keamanannya.

Beberapa di antaranya banyak produk kosmetik yang berasal dari Brunei Darusalam, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Singapura.

Produk yang dijual bebas di e-commerce dan pasaran ini, berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan kulit secara estetik, sampai mengganggu fungsi organ. Mulai dari bintik-bintik, iritasi kulit, muntah-muntah, kerusakan ginjal, hingga kanker bukan tak mungkin untuk terjadi.

Baca Juga: Korban Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Feeder Kereta Cepat dan Mobil di Bandung Barat Bertambah

Lantas apa saja merek kosmetik dari luar negeri yang bisa memicu banyak masalah ini?

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x