Debat Perdana, Pakar Mikroekspresi Sebut Capres Prabowo Emosional Terlihat dari Kalimat dan Gestur ini

- 14 Desember 2023, 07:45 WIB
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023.
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023. /Antara/Galih Pradipta/

PRFMNEWS – Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Monica Kumalasari mengungkapkan calon presiden (capres) Prabowo Subianto tampil lebih emosional meski sekilas terlihat spontan, santai, dan tanpa beban saat debat perdana capres-cawapres di kantor KPU Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 12 Desember 2023.

“Secara umum, Prabowo terlihat spontan dan tanpa beban, namun benarkah demikian? Tidak!” kata Monica, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 13 Desember 2023.

Penilaian capres Prabowo lebih emosional selama debat perdana capres ini, Monica analisis dari dua dasar yang diamati yakni feeling (rasa, persepsi) dan thinking (gagasan), bagaimana korelasi antara pernyataan verbal dan non verbal yang terlihat dalam mimik wajah, bahasa tubuh, dan suara capres nomor urut 2 itu.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Alasan Prabowo Tampil Lebih Jenaka di Debat Perdana Capres-Cawapres

Namun, dengan mempertimbangkan riwayat kondisi kesehatan Prabowo, analisa terhadap ekspresi wajah melalui pergerakan mikro otot-otot wajah, ujar Monica, menjadi kurang akurat sehingga boleh diabaikan.

“Namun demikian, untuk mengetahui kondisi emosional bisa dilakukan Analisa melalui suara dan gaya verbal yang digunakan,” ucap dia.

Dari hasil analisisnya itu, Monica menemukan intonasi dan nada bicara sangat menggambarkan kondisi emosional Prabowo. Hal itu salah satunya terlihat saat merespon pertanyaan Anies Baswedan mengenai perasaannya terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023.

Anies menyebut putusan MK yang memuluskan jalan cawapres pendampingnya, Gibran Rakabuming Raka itu cacat, lantaran melibatkan pelanggaran etika berat Anwar Usman, sebagaimana putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) pada 7 November 2023.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah