Gunakan Layanan 'Face Recognition' di Stasiun, KAI Jamin Keamanan Data Pelanggan

- 25 November 2023, 12:00 WIB
Fitur Face Recognition di Stasiun yang dikelola PT Kereta Api Indonesia
Fitur Face Recognition di Stasiun yang dikelola PT Kereta Api Indonesia /Dok PT KAI

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus memberikan kemudahan kepada pelanggan melalui inovasi-inovasi di berbagai layanannya.

Termasuk kemudahan layanan pada saat pelanggan melakukan boarding pass dengan menggunakan Face Recognition Boarding Gate.

Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding di stasiun yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki pelanggan.

Baca Juga: Gending Pusaka Putra Wakili Kota Bandung di Binojakrama Padalangan

PT. KAI juga menjamin keamanan data pelanggan melalui layanan face recognition (cek identitas melalui wajah) pada saat melakukan boarding di stasiun sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan keamanan data pada fitur face recognition yang dipergunakan, sebab KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik," kata EVP Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji , dikutip PRFMNEWS dari ANTARA, Sabtu, 25 November 2023.

Agus menjelaskan, Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding di stasiun yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui wajah, yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki pelanggan.

Baca Juga: Persiapan Lawan Dewa United, 4 Pemain Berlabel Timnas Sudah Kembali Bergabung dengan Persib Bandung

Ia juga menjelaskan, data nama, NIK, dan foto pelanggan akan disimpan pada infrastruktur KAI dan hanya dipergunakan untuk proses boarding menggunakan Face Recognition Boarding Gate. Data tersebut akan disimpan dalam waktu 1 tahun, setelah itu akan dihapus secara sistem.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x