3 Langkah Praktis Hindari Hoaks Pemilu 2024 Bagi ASN, Menkominfo: Masyarakat Umum Juga Perlu Lakukan

- 16 November 2023, 13:00 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi.
Menkominfo Budi Arie Setiadi. /Kominfo/

PRFMNEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak ASN untuk sama-sama mewujudkan komitmen bersama untuk mengawal agar pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 berlangsung damai, salah satunya terbebas dari kabar bohong atau hoaks.

Untuk itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi mendorong semua pihak termasuk ASN agar berpartisipasi dalam Kampanye Pemilu Damai 2024 terutama dalam mencegah penyebaran hoaks dengan melakukan tiga langkah praktis.

Cara praktis pertama untuk menghindari tersebar luasnya hoaks termasuk melalui media sosial (medsos), ujar Menkominfo, adalah dengan tidak langsung menyebarkan setiap informasi yang diterima dari sumber manapun.

Baca Juga: Serukan Pemilu Damai, Edwin Senjaya: Jangan Kotori dengan Tindakan Kontraproduktif

“Kedua, periksa kebenaran informasi yang kita terima dengan memeriksa sumber informasi resmi,” ujar Menteri Budi Arie dalam keterangan resmi, Selasa 14 November 2023.

Langkah ketiga, lanjut Budi Arie, pelajari dulu apakah pesan atau informasi tersebut akan bermanfaat jika disebarkan.

“Jika informasinya benar namun tidak bermanfaat atau bahkan berpotensi menimbulkan perpecahan, maka jangan disebarkan,” tutur dia.

Menurut Budi Arie, tiga langkah tersebut tidak hanya bisa diterapkan oleh para ASN agar terhindar dari hoaks di tahun politik, namun juga bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x