Purwakarta Kini Miliki PLTS Terbesar di Asia Tenggara

- 10 November 2023, 12:30 WIB
 Presiden Jokowi meninjau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis 9 November 2023.
Presiden Jokowi meninjau pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis 9 November 2023. /BPMI Setpres/Muchlis Jr/

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 192 MWp pada Kamis 9 November 2023 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Tak tanggung-tanggung, PLTS Cirata ini diklaim sebagai PLTS terbesar di Asia Tenggara bahkan menjadi yang terbesar ketiga di dunia.

Jokowi menyatakan, hadirnya PLTS Cirata ini merupakan salah satu mimpi Indonesia untuk menerapkan sumber energi terbarukan.

Baca Juga: Berhasil Turunkan Kemiskinan Ektrem, Pemkab Bandung Terima Insentif Fiskal Rp6,4 Miliar

"Ini merupakan hari yang bersejarah, karena mimpi besar kita untuk membangun pembangkit energi baru terbarukan [EBT] dalam skala besar akhirnya bisa terlaksana. Dan, kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor tiga di dunia,” ujar Presiden.

Pengoperasian PLTS terapung ini dapat terlaksana atas kerja sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT PLN Persero, serta Masdar dari Uni Emirate Arab.

Diharapkan keberadaan PLTS ini akan menambah pasokan listrik yang saat ini berkapasitas 1.000MW.

“Di Cirata ini sudah ada PLTA dengan kapasitas 1.000 MW dan sekarang ditambah dengan PLTS Terapung sebesar 192 MWp. Ke depan, kalau dimaksimalkan bisa menambah kurang lebih 1.000 MWp. Jadi, nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau juga,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah