Jokowi Lanjut Bagi-bagi Bansos Beras hingga Juni 2024, Plus Bantuan Pangan Cegah Stunting

- 7 November 2023, 15:00 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat berikan keterangan pers mengenai bantuan beras dan makanan pencegah stunting di Istana Kepresidenan Senin, 6 November 2023.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat berikan keterangan pers mengenai bantuan beras dan makanan pencegah stunting di Istana Kepresidenan Senin, 6 November 2023. /Setkab/bpmi

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan pemerintah akan melanjutkan periode penyaluran bantuan sosial (bansos) kategori pangan hingga Juni 2024. Hal tersebut diputuskan Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 6 November 2023.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, selain beras, Presiden Jokowi juga menyetujui pembagian bantuan pangan untuk mencegah stunting.

Bantuan pangan berupa beras tersebut, kata Menko Airlangga, akan diberikan kepada sekitar 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang masing-masing menerima sebanyak 10 kilogram setiap bulan.

Baca Juga: Selain Bansos Beras, Jokowi Akan Bagikan BLT El Nino Rp400 Ribu untuk 2 Bulan

“Tadi dibahas untuk bantuan pangan di tahun 2024 di mana Bapak Presiden sudah setuju bahwa tahun 2024 kita akan berikan dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni,” ujar Airlangga usai mengikuti ratas.

Sementara untuk bantuan stunting, imbuh Airlangga, ditujukan untuk 1,45 juta keluarga rawan stunting (KRS). Data KRS ini berasal dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Bantuan stunting sebesar Rp446,242 miliar per kuarternya, jadi totalnya sekitar Rp892 miliar di semester pertama tahun depan,” jelas dia.

Airlangga pun menyampaikan realisasi penyaluran bantuan pangan tahun 2023 di mana pada September telah tersalur sebesar 94,95 persen dan Oktober 94,89 persen. Sedangkan pada November hingga tanggal 5, realisasi penyaluran mencapai 18,45 persen.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x