SE Terbaru Kemenag Atur Ketentuan Upacara Hari Santri 22 Oktober 2023, Termasuk Pakaian dan Isi Amanat

- 17 Oktober 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi hari santri
Ilustrasi hari santri /Siti nurhasanah/Tangkapan layar

PRFMNEWS – Puncak acara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 yang jatuh pada hari Minggu tanggal 22 Oktober akan diawali dengan upacara apel serentak di Indonesia. Para santri akan mengikuti upacara yang dimulai pukul 07.00 waktu setempat.

Sebagai panduan pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023, Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan surat edaran (SE) terbaru di antaranya ditujukan kepada para pimpinan pondok pesantren (ponpes) hingga lembaga pendidikan keagamaan Islam.

Isi surat edaran Sekjen Kemenag Nomor 25 tahun 2023 tentang Pelaksanaan Apel Hari Santri ini antara lain mengatur pakaian yang dikenakan santri pria atau laki-laki (ikhwan), lokasi apel, hingga isi amanat yang disampaikan pada apel tersebut.

Baca Juga: Kemenag Terbitkan SE Panduan Peringatan Hari Santri 2023 Berisi 5 Poin Aturan

Dalam SE yang ditandatangani Sekjen Kemenag Nizar pada 11 Oktober 2023 ini dijelaskan bahwa apel Hari Santri Nasional tahun ini akan digelar di pesantren, lembaga pendidikan keagamaan Islam, dan juga Kantor Kementerian Agama.

Lokasi Apel Hari Santri 2023 dalam edaran disebutkan akan terpusat di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur. Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan menjadi Inspektur Apel. Kegiatan ini akan disiarkan langsung melalui kanal media sosial Kemenag.

“Amanat Apel Hari Santri 2023 yang akan dibacakan pada Apel Hari Santri 2023 dapat diunduh atau didownload melalui website resmi Kementerian Agama RI https://www.kemenag.go.id/ dan Aplikasi Pusaka Kemenag RI,” demikian dijelaskan dalam SE.

Baca Juga: KAI Beri Hukuman Seumur Hidup ke 2 Pencuri Viral di Kereta Api Tawang Jaya

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x