Bocoran KCIC soal Jadwal Pengumuman Tarif Tiket Kereta Cepat Whoosh Resmi oleh Pemerintah

- 2 Oktober 2023, 19:30 WIB
Mesin tiket kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasion Tegalluar, Kabupaten Bandung.
Mesin tiket kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasion Tegalluar, Kabupaten Bandung. /prfmnews/

PRFMNEWS – Pemerintah belum mengumumkan tarif tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bernama Whoosh meski operasional kereta api cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 2 Oktober 2023 di Stasiun KCJB Halim, Jakarta.

Terkait kapan besaran harga tiket perjalanan komersial Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh akan diumumkan resmi oleh pemerintah diutarakan oleh Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti usai peresmian operasional kereta api berkecepatan maksimal 350 km/jam itu.

Emir Monti menyampaikan, tarif tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh masih belum bisa diungkapkan ke publik. Sebab menurutnya, keputusan terkait harga tiket baru akan diumumkan setelah pelaksanaan promo perjalanan gratis yang berlaku hingga pertengahan Oktober 2023.

Baca Juga: Alasan Jokowi Masih Gratiskan Tiket Kereta Cepat Whoosh Sampai Pertengahan Oktober 2023

"Sesuai arahan pemerintah tadi disampaikan bahwa program gratis tersebut akan dilaksanakan sampai pertengahan Oktober. Setelahnya, nanti kita akan sampaikan ke publik bagaimana skema dan tarif yang diterapkan," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebelum peresmian operasional di Stasiun KCJB Halim mengatakan, kebijakan menggratiskan tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh ini akan diperpanjang hingga pertengahan Oktober 2023.

Selama periode uji coba gratis yang dilaksanakan sejak tanggal 15 sampai 30 September 2023, ujar Luhut, animo masyarakat untuk mengikuti perjalanan tanpa berbayar tersebut sangat tinggi. Maka dari itu, Presiden Jokowi memutuskan untuk memperpanjang periode gratis naik KCJB ini.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Operasional Whoosh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah