Jokowi Lakukan Pengisian Awal Bendungan Sepaku Semoi

- 21 September 2023, 20:35 WIB
Presiden Joko Widodo melakukan pengisian awal atau impounding di Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 21 September 2023
Presiden Joko Widodo melakukan pengisian awal atau impounding di Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 21 September 2023 /BPMI Setpres/Muchlis Jr

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengisian awal atau impounding di Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis, 21 September 2023.

Hal tersebut dilakukan Jokowi secara simbolis dengan memutar tuas untuk membendung air di Bendungan Sepaku Semoi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bob Arthur Lombogia menjelaskan bahwa saat ini progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sudah mencapai 97 persen.

Baca Juga: Taman Lalu Lintas Portable Diluncurkan Dishub Kota Bandung, Ini Fungsinya

"Bendungan ini sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pengisian awal sehingga Pak Presiden datang ke sini untuk melakukan pengisian awal Bendungan Sepaku Semoi,” ujar Bob Arthur saat ditemui awak media selepas peninjauan.

Bendungan Sepaku Semoi sendiri dibangun untuk melayani pemenuhan air baku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

Selain itu, bendungan tersebut akan memiliki kapasitas 2 ribu liter per detik untuk IKN dan 500 liter per detik dialokasikan untuk Balikpapan.

Baca Juga: Kebun Binatang Bandung Buka Area Baru, Pengunjung Bisa Bermain Lebih Dekat dengan Satwa di Area Petting Zoo

Di samping itu, Bendungan Sepaku Semoi juga akan berfungsi sebagai pengendali banjir, utamanya di daerah hilir.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah