Listrik di Bandara Soetta Sempat Padam, AirNav Pastikan Operasi Penerbangan Tak Alami Gangguan

- 18 September 2023, 22:00 WIB
Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten
Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten / ANTARA/HO-Angkasa Pura II/

PRFMNEWS – Aliran listrik di kawasan terminal penumpang Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, Banten sempat padam pada hari ini, Senin 18 September 2023 pagi. Namun, kini listrik padam di Bandara Soetta dipastikan telah menyala kembali.

Terkait apakah ada gangguan operasional navigasi penerbangan pesawat di Bandara Soekarno Hatta akibat mati listrik, Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Cabang Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) memastikan, hal tersebut tidak terjadi.

Plt Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro mengatakan, operasional navigasi penerbangan pesawat di Bandara Soekarno Hatta berjalan normal setelah terjadi pemadaman listrik sekira pukul 07.20 WIB.

Baca Juga: Simak Cara Membeli dan Membubuhkan Meterai Elektronik untuk Seleksi CPNS dan PPPK 2023

"Pelayanan navigasi penerbangan tidak mengalami gangguan karena menggunakan sumber catu daya mandiri, sehingga pelayanan penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno Hatta dapat dilayani tanpa kendala," ujar dia, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 18 September 2023.

Pasca pemadaman listrik, lanjutnya, Perum LPPNPI telah melakukan koordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan KOBU I sebagai Unit Pelaksana Koordinasi Slot (UPKS) untuk updating slot penerbangan, sehingga proses tersebut membantu kelancaran penjadwalan ulang penerbangan yang sebelumnya telah terdampak.

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya jadwal penerbangan keberangkatan dan kedatangan yang bersamaan, pihaknya juga telah menyiapkan prosedur balancing capacity antara penggunaan runway utara (T2 dan T3) dan runway selatan (T1) melalui taxiway penghubung.

Baca Juga: Pagi Tadi Kualitas Udara Jakarta Terburuk Ketiga di Dunia Setelah Dubai dan Kuching

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x