Api Padam, Wisata Gunung Bromo dari 4 Akses Pintu Masuk Kembali Dibuka Mulai Besok

- 18 September 2023, 19:30 WIB
Foto udara kondisi lahan pasca kebakaran di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/9/2023). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memastikan bahwa kebakaran yang terjadi sejak Rabu (6/9) di kawasan hutan dan lahan Gunung Bromo telah berhasil dipadamkan.
Foto udara kondisi lahan pasca kebakaran di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/9/2023). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memastikan bahwa kebakaran yang terjadi sejak Rabu (6/9) di kawasan hutan dan lahan Gunung Bromo telah berhasil dipadamkan. / ANTARA FOTO/Muhammad Mada/Spt./

PRFMNEWS – Akses wisata di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur akan dibuka lagi usai api kebakaran hutan dan lahan sudah dipastikan padam sehingga aman dikunjungi wisatawan. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) akan kembali membuka wisata Gunung Bromo mulai tanggal 19 September 2023 besok.

"Kunjungan wisatawan dibuka mulai Selasa 19 September 2023, pukul 00.01 WIB," kata Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 18 September 2023.

Septi menjelaskan, pembukaan akses wisata ke Gunung Bromo pasca kebakaran ini dilakukan pada empat pintu masuk, yakni mulai dari Coban Trisula, Kabupaten Malang; Wonokitri, Kabupaten Pasuruan; Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo; dan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: Meski Masih Ditutup, Keindahan Gunung Bromo Bisa Dinikmati dari Lokasi ini, Kata Khofifah

Septi menyatakan, kunjungan wisata ke kawasan Ranu Regulo dan Ranu Darungan juga telah dibuka untuk pengunjung. Untuk kunjungan pada titik tersebut, pembelian karcis bisa dilakukan langsung di pintu masuk kawasan.

"Untuk pendakian Gunung Semeru, masih ditutup karena tingkat aktivitas kegunungapian masih berada pada level III atau siaga," tambahnya.

Kawasan wisata Bromo ditutup sejak 6-18 September 2023 akibat kebakaran yang terjadi pada Rabu 6 September 2023, karena ulah pengunjung yang menggunakan flare atau suar saat foto prewedding. Sejak saat itu, akses wisata kawasan Bromo ditutup untuk wisatawan.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berawal dari area Bukit Teletubbies hingga terus meluas ini berhasil padam total pada Jumat, 15 September 2023.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah