Fakta Menarik Makanan Gala Dinner KTT ASEAN, Chef Arnold, Kuaci, Dessert IKN hingga Menu Ditulis 13 Bahasa

- 10 September 2023, 21:00 WIB
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menikmati pertunjukkan saat Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Plataran, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta pada Rabu, 6 September 2023 malam.
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menikmati pertunjukkan saat Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Plataran, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta pada Rabu, 6 September 2023 malam. /Dok. Setkab/Agus Suparto

PRFMNEWS - Gala dinner atau jamuan makan malam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu 6 September 2023 menjadi salah satu momen mengesankan dalam rangkaian event tersebut.

Sajian ragam menu makanan hingga penampilan para bintang tamu berperan besar dalam menghadirkan kesan positif selama gala dinner KTT ke-43 ASEAN ini berlangsung. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjamu para pemimpin negara ASEAN, negara mitra, dan organisasi internasional serta tamu undangan lainnya dalam acara tersebut.

Di balik kemegahan event gala dinner KTT ke-43 ASEAN ini, terdapat sejumlah fakta menarik terkait sajian kuliner yang disantap para tamu negara antara lain, peran ‘tangan dingin’ Chef Arnold Poernomo hingga informasi masing-masing menu yang ditulis dengan 13 bahasa dan kuaci masuk dalam daftar menu vegetarian.

Baca Juga: Beroperasi 1 Oktober, Ini Daftar Akses Jalan Nasional-Tol ke 4 Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung

Sosok Arnold Poernomo didapuk sebagai chef atau juru masak yang memimpin penyiapan rentetan sajian kuliner untuk para tamu negara peserta gala dinner KTT ke-43 ASEAN di GBK yang mengusung tema acara ‘Nusantara Forest’.

“Untuk mendapatkan inspirasinya, kan kita sudah ada temanya ‘Nusantara the Forest’, tapi untuk inspirasi setiap hidangannya itu kita lempar untuk setiap tim menyediakan menunya,” kata Arnold dalam video yang diunggah pada kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Arnold menjelaskan, menu bertemakan Nusantara The Forest bagi para kepala negara ASEAN dan tamu KTT tersebut berisikan berbagai jenis masakan dari sejumlah daerah di Indonesia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lakukan Pertemuan Tertutup dengan Megawati, Sekjen PDIP Blak-blakan Ungkap Hal ini

Dalam daftar menu disebutkan menu pembuka (appetizer) bagi tamu-tamu VVIP yang merupakan kepala negara dan pemimpin organisasi internasional adalah Kepiting Andaliman dari Sumatera Utara, terdiri dari mud crab salad (salad kepiting), buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkin seeds (kuaci), dan baby spinach (bayam).

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x