Ada Perubahan Pintu Boarding Penumpang Kereta Api di Stasiun Gambir Mulai 1 September 2023

- 3 September 2023, 12:25 WIB
Perubahan Pintu Boarding Penumpang Kereta Api di Stasiun Gambir per 1 September 2023
Perubahan Pintu Boarding Penumpang Kereta Api di Stasiun Gambir per 1 September 2023 /Dok PT KAI

PRFMNEWS – Bagi Anda yang sering naik kereta api (KA) dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, ada info penting untuk dicatat. Mulai 1 September 2023, ada perubahan pintu masuk keberangkatan (boarding gate) antara Pintu Selatan dan Utara.

Perubahan pintu masuk keberangkatan untuk penumpang kereta api di Stasiun Gambir dilakukan karena adanya penerapan fasilitas Face Recognition atau scan wajah bagi mereka yang telah memiliki tiket aktif perjalanan sesuai tanggal perjalanan.

Mulai 1 September 2023, Pintu Masuk Selatan Stasiun Gambir khusus melayani boarding penumpang menggunakan Face Recognition, sedangkan boarding manual (e-tiket dan tiket fisik setelah dicetak) dengan menunjukkan KTP dilayani di Gate Utara. Sebelumnya, kedua gate tersebut melayani proses boarding secara manual.

Baca Juga: WJF 2023, Ini Jadwal Penutupan Sejumlah Jalan Sekitar Stadion Siliwangi dan Gedung Sate 2-3 September 2023

Saat ini, terdapat 4 unit mesin Face Recognition di Gate Selatan Stasiun Gambir. Pintu Selatan ini dapat diakses dari pintu masuk pedestrian (pejalan kaki). KAI Daop 1 Jakarta mengimbau pelanggan KA untuk segera mendaftarkan layanan Face Recognition.

Perubahan Pintu Boarding Penumpang Kereta Api di Stasiun Gambir Mulai 1 September 2023
Perubahan Pintu Boarding Penumpang Kereta Api di Stasiun Gambir Mulai 1 September 2023 Dok PT KAI

Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI.

Proses boarding semakin praktis karena pelanggan cukup memindai wajah melalui Face Recognition Gate dan tidak perlu lagi menunjukkan KTP atau bukti print tiket. Sebelumnya pelanggan harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan Face Recognition ini.

Baca Juga: Apa Saja yang Boleh dan Dilarang Dilakukan Pengunjung WJF 2023 di Gedung Sate dan Stadion Siliwangi?

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah