Dinilai Tidak Efektif, Megawati Usul Bubarkan KPK, Netizen Soroti Politisi PDIP yang Ditangkap Karena Korupsi

- 24 Agustus 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi gedung KPK
Ilustrasi gedung KPK /Dok PRFM

PRFMNEWS - Nama Megawati Soekarnoputri kembali menjadi sorotan publik Tanah Air. Pasalnya, Ketua Umum PDIP sekaligus Ketua Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut mengaku bahwa dirinya sempat mengusulkan ke Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, 'sudah deh, bubarin aja KPK itu, Pak', jadi menurut saya nggak efektif. Ibu nih kalau ngomong ces pleng," ujar Megawati dalam Acara BPIP di Jakarta Selatan baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu, Megawati juga minta KPK turun langsung ke masyarakat melihat berbagai praktik korupsi. Megawati mempertanyakan pekerjaan penegak hukum di Indonesia.

Baca Juga: Miliki Kekhawatiran, Warga Sekitar Eks TPA Cicabe Minta Penjelasan Rinci Rencana Pembangunan TPST

"Hayo kalian pergi lah ke bawah, lihat noh rakyat yang masih miskin, ngapain kamu korupsi akhirnya masuk penjara juga, bohong kalau nggak kelihatan, persoalannya penegak hukumnya mau tidak menjalankan hukum di Indonesia ini yang sudah kita buat, itu persoalannya," ucap dia.

Pernyataan Mega tersebut saja menuai banyak kritikan, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mengatakan penyebab kerja-kerja pemberantasan korupsi di KPK tidak berjalan efektif karena ulah partai politik.

Sebelumnya, Megawati mengaku usulan pembubaran KPK dilatarbelakangi karena lembaga antirasuah itu dianggap tidak efektif memberantas korupsi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Lawan Thailand di Babak Semifinal Piala AFF U-23 Hari Ini

“Mestinya bu Mega memahami bahwa biang kerok yang menyebabkan kinerja KPK tak efektif ya karena ulah partai politik sendiri,” kata Kurnia, mengutip dari Pikiran-Rakyat.com, Kamis, 24 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x