Upacara HUT RI, Menteri Basuki Ungkap Capaian Pembangunan Infrastruktur Dasar oleh PUPR

- 19 Agustus 2023, 10:00 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan keterangan kepada awak media dalam peresmian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) di Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2023.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan keterangan kepada awak media dalam peresmian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) di Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa 11 Juli 2023. /ANTARA/Aji Cakti

PRFMNEWS – Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap sederet pencapaian pembangunan infrastruktur dasar yang telah dilakukan pihaknya. Hal ini disampaikannya saat memimpin Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Lapangan Sapta Taruna, Kementerian PUPR, Kamis 17 Agustus 2023.

Menteri Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengawali pidatonya dengan menyampaikan bahwa sesuai dengan tema Peringatan HUT ke-78 RI “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”, Kementerian PUPR telah memulai pondasi untuk menggapai tujuan tersebut.

Upaya untuk menggapai tujuan sesuai tema Peringatan HUT ke-78 RI ini, ujar Menteri Basuki, melalui pembangunan berbagai infrastruktur konektivitas, ketahanan pangan dan infrastruktur permukiman yang pada akhirnya meningkatkan daya saing bangsa.

Baca Juga: Persib Ingatkan Bobotoh untuk Tak Lakukan Away Day ke Semarang

Berdasarkan laporan Institute for Management Development, ungkap menteri yang akrab disapa Pak Bas ini, daya saing Indonesia pada 2022 naik dari ranking 44 menjadi 34. Peringkat ini merupakan kenaikan tertinggi di dunia.

Atas pencapaian kenaikan peringkat tersebut, lanjut Pak Bas, Kementerian PUPR mendapatkan banyak apresiasi atas berbagai hasil pembangunan infrastruktur dasar yang telah dicapai.

“Sebagai contoh, 1.809 km jalan tol sudah beroperasi sejak tahun 2015-2022 dan hingga akhir tahun 2023 target tambahan 440 km jalan tol operasi, dimana hingga Agustus 2023 sudah tercapai 233 km,” ungkap Pak Bas.

Baca Juga: Peringatan Kemedekaan Indonesia, Lions Club Gelar Agenda Rutin Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Cikutra

Kemudian, capaian pembangunan sebanyak 36 bendungan sudah selesai pada tahun 2015-2022, tahun 2023 akan diresmikan10 bendungan, tahun 2024 diresmikan 15 bendungan. Lebih dari 1 juta rumah telah dibangun setiap tahunnya, air minum, sanitasi, persampahan, dan KOTAKU.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x