Sri Mulyani: Lebih dari 20 Juta Keluarga di Indonesia Bergantung dari Hasil Uang Pajak

- 6 Agustus 2023, 18:00 WIB
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani /Dok. Kemenkeu

PRFMNEWS - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat yang sudah taat membayar pajak. Tak sungkan, dia pun melabeli para wajib pajak tersebut sebagai Pahlawan di tanah air.

Sri Mulyani mengklaim lebih dari 20 juta keluarga bergantung pada uang pajak. Menurutnya manfaat pajak selama ini dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk subsidi hingga bantuan sosial.

"Kesejahteraan lebih dari 20 juta keluarga sangat tergantung pajak dari sisi sumbangan atau subsidi sosial," ucapnya dalam acara kampanye Spectaxcular di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Agustus 2023.

Baca Juga: Korlantas Polri Ubah Uji Materi Praktik SIM Angka 8 Jadi Huruf S

Sri Mulyani menuturkan pajak tak melulu untuk pembangunan infrastruktur. Ia mengatakan, sebanyak 98 juta masyarakat Indonesia mendapatkan akses kesehatan gratis atau tanpa membayar melalui BPJS Kesehatan yang merupakan subsidi sosial hasil dari pungutan pajak.

“Lebih dari 98 juta masyarakat Indonesia mendapatkan akses kesehatan dengan BPJS Kesehatan tanpa membayar. Itu tidak berarti tidak membayar tapi membayar adalah negara melalui penerimaan pajak,” kata Menkeu.

Sri Mulyani menekankan uang pajak yang dikumpulkan dari masyarakat tidak hanya digunakan untuk membangun infrastruktur, namun juga dituangkan dalam bentuk subsidi dan bantuan sosial. Selain digunakan untuk subsidi pembayaran kesehatan masyarakat yang tidak mampu, manfaat pajak juga dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat seperti LPG 3 kg, biaya listrik hingga bahan bakar minyak.

Baca Juga: Pasca Kebakaran, Pemkot Bandung Siapkan Tempat Sementara untuk Pedagang Pasar Sadang Serang, Ini Lokasinya

“LPG 3 kg itu adalah uang pajak yaitu Anda disubsidi. Kalo Anda mengecas telepon, itu seluruh tarif dari listrik di rumah itu mayoritas masih mendapatkan subsidi dari pemerintah, jadi tidak hanya dalam bentuk bangunan-bangunan,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x