Mengenal Reforma Agraria yang Sedang Dijalankan Pemerintah yang Memiliki Tujuan Mulia

- 4 Agustus 2023, 13:00 WIB
Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Jabar Juarin Jaka Sulistyo (tengah) saat menjadi narasumber dalam Bincang Santai Seputar Pertanahan Bersama Kanwil BPN Jabar di Radio PRFM 107,5 News Channel Jumat, 4 Agustus 2023.
Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Jabar Juarin Jaka Sulistyo (tengah) saat menjadi narasumber dalam Bincang Santai Seputar Pertanahan Bersama Kanwil BPN Jabar di Radio PRFM 107,5 News Channel Jumat, 4 Agustus 2023. /prfmnews/

PRFMNEWS - PRFMNEWS - Salah satu program prioritas nasional Kementerian ATR/BPN adalah melakukan reforma agraria dalam upaya membangun Indonesia dari pinggir serta meningkatkan kualitas hidup.

Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kanwil BPN Jabar Juarin Jaka Sulistyo menyampaikan, reforma agraria ini memiliki tujuan yang mulia dalam rangka penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

"Ini merupakan kebijakan nasional yang bertujuan sangat mulia. Reforma agraria ini merupakan program strategis nasional dalam rangka penataan kembali penguasaan tanah, pemilikan tanah, penggunaan tanah dan pemanfaatan tanah," jelas Juarin dalam Talkshow Bincang Santai Seputar Pertanahan Bersama Kanwil BPN Jabar di Radio PRFM 107,5 News Channel Jumat, 4 Agustus 2023.

Baca Juga: Keuntungan Mengikuti Program PTSL Bisa Meminimalisir Sengketa Tanah

Kata Juarin, diharapkan dengan adanya reforma agraria ini bisa membuat masyarakat menjadi lebih sejahtera dengan tanah yang dimilikinya.

"Diharapkan masyarakat bisa menggunakan dan memanfaatkan tanah itu untuk kesejahteraan terhadap pemiliknya dan yang menggunakan tanah tersebut," jelasnya.

Ada beberapa tujuan dalam reforma agraria ini. Juarin sebut salah satu tujuan dari reforma agraria ini adalah mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah dalam rangka menciptakan keadilan.

Baca Juga: BPN Serahkan Sertifikat Tanah Taman Lalu Lintas kepada Pemkot Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah