Keuntungan Mengikuti Program PTSL Bisa Meminimalisir Sengketa Tanah

- 31 Mei 2023, 13:22 WIB
Keuntungan Mengikuti Program PTSL Bisa Meminimalisir Sengketa Tanah
Keuntungan Mengikuti Program PTSL Bisa Meminimalisir Sengketa Tanah /PRFM

PRFMNEWS - Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan salah satu program untuk meminimalisir terjadinya sengketa atas suatu lahan.

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Kanwil BPN Jabar Meijana Irawan Sukarja menyampaikan, program PTSL ini merupakan program pengembangan dari program nasional agraria atau Prona.

Baca Juga: BPN Serahkan Sertifikat Tanah Taman Lalu Lintas kepada Pemkot Bandung

"Disempurnakan lagi kegiatan Prona itu dengan kegiatan PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," kata Irawan dalam Talkshow di Radio PRFM 107,5 News Channel Rabu, 31 Mei 2023.

Disampaikan Irawan, pada Prona dalam satu tahun ada target sekitar 200 ribu sertifikasi dalam satu tahun anggaran di seluruh Indonesia.

Sedangkan melalui PTSL cakupannya menjadi lebih banyak karena bisa mencapai 9 juta sertifikasi dalam satu tahun.

Baca Juga: BPN Tegaskan Kantor Pertanahan Tidak Akan Menarik Sertifikat Tanah

"PTSL ini merupakan kegiatan pendaftaran tanah yang untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua objek pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa/kelurahan atau nama lain yang setingkat yang meliputi pengumpulan data fisik dan yuridis," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x