Satgas Covid-19 Dukung Rencana Bioskop untuk Kembali Beroperasi

- 26 Agustus 2020, 18:32 WIB
Ilustrasi bioskop: GPBSI telah menjadwalkan jika bioskop di seluruh Indonesia akan dibuka lagi mulai 29 Juli 2020, namun melihat kondisi jadwal bisa berubah.
Ilustrasi bioskop: GPBSI telah menjadwalkan jika bioskop di seluruh Indonesia akan dibuka lagi mulai 29 Juli 2020, namun melihat kondisi jadwal bisa berubah. /PIXABAY/Derks24



PRFMNEWS
- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mendukung rencana pembukaan bioskop yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, wacana ini muncul karena bioskop dinilai sebagai tempat hiburan yang bisa menghilangkan stres dan meningkatkan sistem imunitas masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Bioskop dan cinema memiliki karakteristik dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental atau fisik dari para penonton dan masyarakatnya ditingkatkan,” ujarnya seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 26 Agustus 2020.

 

Baca Juga: Viral Dirut Bank Syariah di NTB Diduga Nikahi Kakak Beradik, Begini Fakta Sebenarnya Menurut Kemenag

Wiku menjelaskan, pembukaan aktivitas sosial dan ekonomi, seperti bioskop, harus memperhatikan aspek kesehatan secara ketat serta melalui tahapan prakondisi, ketepatan waktu, prioritas, koordinasi pusat dan daerah serta monitoring dan evaluasi.

“Dalam prakondisi ini, dipastikan tentang kesiapan fasilitas itu sendiri, fasilitas pendukungnya, dan juga dalam penyelenggaraan, termasuk masyarakat itu sendiri,” terangnya.

 

Wiku menekankan bahwa tidak semua aktivitas bioskop dibuka pada waktu yang bersamaan. Dia menyebut semua aktivitas yang akan dibuka perlu dipersiapkan dan diperhitungkan secara matang.

Pada tahapan prioritas, pelaku yang berkepentingan perlu melihat prioritas sektor maupun dalam konteks fasilitas yang akan dibuka. Kemudian, tahapan koordinasi dan monitoring dan evaluasi.

Menyikapi rencana pembukaan bioskop, Wiku menjelaskan bahwa tahapan koordinasi pusat dan daerah telah dilakukan, yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh setiap pemerintah daerah.

Hal tersebut ia contohkan dengan pertemuan Satgas Penanganan Covid-19 dengan Pemerintah DKI Jakarta pada hari ini yang membahas pembukaan kembali bioskop di wilayah Jakarta.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x