Kepemimpinan itu Bukan Meteran Pom Bensin, Tidak Maju Mundur Poco-Poco, Kata Jokowi

- 16 Juni 2023, 20:20 WIB
Presiden Jokowi dalam momen peluncuran Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis 15 Juni 2023.
Presiden Jokowi dalam momen peluncuran Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis 15 Juni 2023. /Setkab RI

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melontarkan pernyataan menarik saat sambutan dalam momen peluncuran Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis 15 Juni 2023.

Presiden Jokowi mengatakan pernyataan menggelitik ini ketika menekankan pentingnya memanfaatkan peluang dengan menggunakan perencanaan, visi, dan strategi besar yang taktis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menjabarkan bahwa setidaknya ada tiga hal pokok yang akan menjadi acuan untuk menggapai visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Hewan Kurban yang Sehat di Kota Bandung Dilengkapi dengan QR Code Berisi Data Kesehatan Hewan

Pertama adalah stabilitas bangsa dan negara. “Stabilitas bangsa ini harus terjaga. Tidak ada satu negara pun yang berhasil mencapai sebuah kemakmuran saat kondisinya tidak stabil, enggak ada,” ucap Presiden.

Kedua, keberlanjutan dan kesinambungan dalam memimpin. Jokowi menyampaikan, kepemimpinan pada sebuah bangsa ibarat tongkat estafet yang harus bersambung, dan bukan dimulai dari nol pada setiap pergantian kepemimpinan.

“Kepemimpinan itu ibarat tongkat estafet, bukan meteran pom bensin. Kalau meteran pom bensin itu, ‘Pak, dimulai dari nol ya’. Apakah kita mau seperti itu? Ndak kan. Masa kayak meteran pom bensin. Mestinya kalau sudah dari TK, SD, SMP, ini ya kepemimpinan berikutnya masuk ke SMA, universitas. Nanti kepemimpinan berikutnya masuk ke S2, S3, mestinya seperti itu. Tidak maju mundur Poco-Poco, ndak,” ucapnya.

Baca Juga: Pemerintah Kota Bandung Tata Kawasan Sudirman Dalam Waktu Dekat

Selain itu, Kepala Negara juga menekankan pentingnya hilirisasi industri, yang jika berhasil akan melompatkan Indonesia menjadi negara yang semakin maju lagi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah