Ma'ruf Amin: Generasi Muda Jangan Tunda Nikah, Tahun 2050 Minim Usia Muda!

- 17 Mei 2023, 12:40 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Ibu Hj Wury tiba di Istana Kepresidenan dengan menggunakan pakaian adat Sunda.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Ibu Hj Wury tiba di Istana Kepresidenan dengan menggunakan pakaian adat Sunda. /Kanal Youtube Sekretariat Presiden

PRFMNEWS - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menganjurkan generasi muda terutama generasi Z (Gen Z), agar tak menunda menikah sehingga pertumbuhan penduduk usia produktif meningkat di tahun 2050.

Pasalnya, perkiraan pertumbuhan penduduk usia muda produktif di Indonesia makin mengecil ketimbang penduduk usia tua di masa mendatang.

Hal tersebut merespons hitungan Bappenas soal angka kelahiran atau Total Fertility Rate (TFR). Berdasarkan catatan Bappenas menggunakan skenario trend, nilai TFR terus menurun sampai 1,9 di tahun 2045 diiringi dengan Infant Mortality Rate (IMR) yang sebesar 7,85.

Baca Juga: Wapres Berikan Penghargaan Pemda Berstatus Universal Health Coverage, Kota Bandung Salah Satunya

Di sisi lain, rata-rata pertumbuhan penduduk periode 2020-2050 sebesar 0,67 persen setiap tahunnya atau mengalami perlambatan.

"Yang menarik, jumlah usia muda itu mengecil di 2050, yang tua-tua makin banyak. Jadi jangan menunda nikah! Sebab kalau tidak, prediksinya nanti yang banyak yang tua, yang muda yang produktif itu rendah," kata Ma'ruf Amin dalam Musrenbangnas RKP 2024 dikutip dari siaran di kanal YouTube Wapres.

Ma'ruf mengatakan, jika dilakukan penyesuaian dalam program keluarga berencana (KB) salah satunya, maka jumlah penduduk Indonesia bisa saja ketinggalan dengan Negara Nigeria, Kawula Muda.

Baca Juga: Update Penanganan Sampah, Pemkot Bandung akan Tutup Lagi TPA Cicabe

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x