Arti dan Filosofis Nama 5 Kereta Api Baru di Gapeka 2023, Ada Terinspirasi dari Stadion Sepak Bola

- 13 Mei 2023, 20:50 WIB
Per 1 Juni 2023 sebanyak 140 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh waktu tempuhnya akan semakin singkat sejalan dengan perbaikan prasarana dan pemberlakuan GAPEKA 2023.
Per 1 Juni 2023 sebanyak 140 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh waktu tempuhnya akan semakin singkat sejalan dengan perbaikan prasarana dan pemberlakuan GAPEKA 2023. /Tangkap layar kai.id/

PRFMNEWS – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan lima kereta api (KA) baru jarak jauh pada Gapeka 2023 yang berlaku mulai 1 Juni mendatang.

Nama dari lima kereta api baru jarak jauh yang dioperasikan KAI pada Gapeka 2023 ini punya arti atau makna filosofis khusus yang terinspirasi dari sejumlah hal, salah satunya stadion sepak bola.

Arti dan filosofis nama lima kereta api baru yang mulai beroperasi pada 1 Juni 2023 mendatang dijelaskan KAI melalui laman resmi perusahaan.

Baca Juga: KAI Operasikan Kereta Api Baru dengan Jarak Tempuh Terjauh Perdana di Gapeka 2023

Adapun nama lima kereta api baru jarak jauh pada Gapeka 2023 ini adalah KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, KA Manahan, KA Argo Semeru dan KA Banyubiru.

KA Pandalungan melayani relasi Gambir - Jember pp, KA Argo Semeru relasi Gambir - Surabaya Gubeng pp, dan KA Argo Merbabu relasi Gambir - Semarang Tawang Bank Jateng pp.

Selanjutnya, KA Manahan melayani rute Gambir - Solo Balapan pp serta KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng - Solo Balapan pp.

Baca Juga: Jadwal-Rute 5 Kereta Api Baru di Gapeka 2023, Tarif Tiket Masih Promo, Kelas Eksekutif Mulai Rp30 Ribu

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, nama Pandalungan diambil dari sub-suku Madura yang mendiami daerah Tapal Kuda di Jawa Timur di luar Pulau Madura yang merupakan wilayah utama suku Madura.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah