FKPT Kalimantan Barat Kembali Menggelar ASIK BANG

- 11 Mei 2023, 21:00 WIB
ASIK BANG FKPT di Kalimantan Barat, Kamis 11 Mei 2023
ASIK BANG FKPT di Kalimantan Barat, Kamis 11 Mei 2023 /Dok FKPT Kalimantan Barat

PRFMNEWS - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Barat kembali menggelar Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG), Kamis 11 Mei 2023.

Direktur Pencegahan BNPT yang diwakili Subkoordinator Lembaga non Pemerintah BNPT, Alfrida Heanity Panjaitan mengatakan, ASIK BANG merupakan salah satu upaya pemerintah, khususnya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dalam meningkatkan peran serta pemuda dalam menyebarkan pesan-pesan perdamaian guna mencegah dan menanggulangi radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

“Tujuan Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG) adalah menyebarkan nilai-nilai kebangsaan dan mencegah paham radikalisme terorisme yang bertentangan dengan ideologi bangsa. Melalui kegiatan itu diharapkan seluruh generasi muda bisa meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari pengaruh ajakan kelompok radikal terorisme,” ungkapnya.

Baca Juga: Hasil Pertemuan Ridwan Kamil dan Husein ASN Guru di Pangandaran Pelapor Dugaan Pungli

Ditambahkan Alfrida, saat ini di Indonesia, kelompok pemuda menduduki hamper seperempat dari total penduduk yaitu sekitar 23,90 persen atau sekitar 64,92 juta jiwa (BPS, 2021) yang di dominasi oleh pemuda dengan usia 19-24 Tahun.

ASIK BANG FKPT di Kalimantan Barat, Kamis 11 Mei 2023
ASIK BANG FKPT di Kalimantan Barat, Kamis 11 Mei 2023 Dok FKPT Kalimantan Barat

Tak heran bila pemuda menjadi salah satu kelompok yang rentan menjadi sasaran penyebaran paham radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

“Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa, pemuda sebagai subjek aktif yang harus memiliki kesadaran yang tinggi terhadap bahaya ekstremisme dan terorisme, serta mampu mengambil peran aktif dalam menjaga perdamaian dan keamanan," papar Alfrida.

Ketua FKPT Kalimantan Barat Wajidi Sayadi mengatakan, pengembangan karakter cinta tanah air bisa juga melalui media musik pada masyarakat dengan melibatkan peran pemuda.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x