BNPT Menggelar Festival Asik Bang Pertama Tahun 2023 di Undana Kupang

- 17 Maret 2023, 08:15 WIB
Festival Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG) di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Kamis 16 Maret 2023
Festival Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG) di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Kamis 16 Maret 2023 /BNPT

PRFMNEWS - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) mengadakan festival Aksi Musik Anak Bangsa (ASIK BANG) di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Kamis 16 Maret 2023.

Festival ASIK BANG di Undana diikuti 18 grup musik dan perseorangan yang mewakili kabupaten dan kota di NTT.

Festival ASIK BANG ini merupakan upaya memperkuat semangat kebangsaan anak muda lewat musik.

Baca Juga: Kabar Baik! Proses Pembangunan Flyover Bojongsoang dan Jembatan Lama Citarum Dayeuhkolot Dimulai Tahun ini

Kasubdit Afrika Asia Pasifik Kolonel (SUS) Harianto  mengatakan cara sosialisasi yang dilakukan BNPT diharapkan mampu memperkuat semangat kebangsaan, ajang silaturahmi bagi masyarakat muda NTT.

“Melawan propaganda radikalisme terorisme di era globalisasi ini membutuhkan kalangan generasi muda yang cerdas, visioner, kreatif dan inovatif, kegiatan Asik Bang ini adalah salah satu langkah yang dibuat BNPT mempersatukan anak-anak muda lewat musik perdamaian, kebhinekaan dan cinta tanah air,” kata Harianto.

Harianto melanjutkan bahwa salah satu penyebab radikalisme teorisme karena kurang berkumpul bersinergi, apalagi orang tidak menyukai seni dan budaya atau kearifan lokal terutama musik, untuk itu dibutuhkan kebersamaan, kita fokus dalam pencegahan terorisme sejak dini dengan metode Pentahelix.

Baca Juga: Kemenhub Segera Buka Pendaftaran Mudik-Balik Gratis 2023 Bawa Motor Naik Kapal, Siapkan Syarat ini

"Jangan setelah kejadian baru turun tangan, lebih baik mencegah sebelum terjadi, sehingga peran setiap masyarakat terutama anak muda sangat penting untuk peduli dalam penanggulangan terorisme," kata Harianto.

“Salah satu penyebab radikalisme terorisme karena mereka kurang bersinergi, apalagi orang yang tidak menyukai seni dan budaya atau kearifan lokal terutama musik, untuk itu kita fokus ke pencegahan terorisme sejak dini lewat strategi pentahelik atau strategi multi pihak bagi seluruh masyarakat, lewat Asik Bang ini peran anak muda atau musisi menjadi sangat penting dalam pencegahan terorisme melalui musik ini,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x