Stasiun Tanah Abang Resmi Diperluas untuk Jadi Ikon Baru Jakarta, Pembangunan Tahap 1 Habiskan Rp381 Miliar

- 2 Mei 2023, 06:45 WIB
Seremoni pembangunan Stasiun Tanah Abang Jakarta.
Seremoni pembangunan Stasiun Tanah Abang Jakarta. /Kemenhub/

PRFMNEWS – Pengembangan Stasiun Tanah Abang untuk diperluas dan menambah bangunan baru untuk menjadi pusat TOD (Kawasan Berorientasi Transit) di Jakarta resmi dimulai pada Minggu, 30 April 2023.

Pembangunan perluasan Stasiun Tanah Abang ditandai dengan groundbreaking oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Dirut PT KAI Didiek Hartantyo di Depo Stasiun Tanah Abang.

Stasiun Tanah Abang akan dibangun dengan luas bangunan utama 12.000 meter persegi terdiri dari 2 lantai yang dilengkapi dengan bangunan komersil dan fasilitas pendukung termasuk fasilitas disabilitas.

Baca Juga: Info Pelanggan KA Lokal, Ada Perubahan Cara Beli Tiket di Stasiun Bandung dan Kiaracondong

Pengembangan Stasiun Tanah Abang dilakukan secara bertahap. Tahap 1 ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023. Adapun nilai investasi yang dialokasikan pada tahap 1 ini mencapai Rp380,93 miliar.

Menhub Budi mengatakan, pengembangan dilakukan untuk mengantisipasi semakin padatnya penumpang KRL CommuterLine Jabodetabek di Stasiun Tanah Abang, yang merupakan salah satu stasiun dengan intensitas tertinggi di Jakarta setelah stasiun Manggarai dan Bogor.

"Hari ini kita membangun Tanah Abang agar bisa meningkatkan kapasitas 3 kali lipat, dari 100 ribu menjadi 300 ribu penumpang per hari," ucap Menhub, dikutip prfmnews.id dari laman resmi Kemenhub.

Baca Juga: 1.000 Orang Terpilih Jadi Content Creator Pariwisata Jawa Barat

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x