Menhub Wanti-wanti Pemudik Jangan Balik pada 4 Tanggal ini Jika Tak Mau Macet-macetan

- 22 April 2023, 07:22 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi
Menhub Budi Karya Sumadi /Humat Setkab/Rahmat/Setkab

PRFMNEWS - Prediksi tanggal puncak arus balik Lebaran 2023 penting diketahui masyarakat yang akan kembali dari kampung halaman di Jawa Timur, Jawa Tengah, atau Jawa Barat khususnya menuju DKI Jakarta dan sekitarnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan prediksi tanggal puncak arus balik Lebaran 2023 ini usai mengecek arus kendaraan mudik di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jumat 21 April 2023.

Menhub Budi mengimbau pemudik untuk menghindari empat tanggal pada akhir bulan April dan awal Mei 2023 agar tidak terjebak kemacetan puncak arus balik Lebaran tahun ini khususnya di jalur tol.

Baca Juga: Ditangkap Polisi, Sopir Elf Bawa Golok Ancam Pengemudi Lain di Garut Dijerat UU Darurat

Menhub menyarankan pemudik untuk lakukan perjalanan arus balik melalui jalan tol usai Lebaran Idul Fitri 1444 H pada tanggal 26 hingga 29 April 2023 agar terhindar dari kemacetan saat masa puncak.

Selanjutnya, Budi mengingatkan agar pemudik tidak memilih empat tanggal prediksi puncak arus balik Lebaran 2023 yang menurutnya terbagi dalam dua gelombang.

"Puncak arus balik diperkirakan terjadi di dua gelombang, tanggal 24 dan 25 April, serta 30 April dan 1 Mei 2023," kata Budi, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Baca Juga: PSSI Resmi Rilis Daftar 20 Pemain Timnas U-22 di SEA Games Kamboja 2023, Ada 1 Nama dari Persib Bandung

Menurut dia, hal tersebut untuk mengantisipasi kepadatan, khususnya pemudik yang menggunakan jalur tol menuju wilayah barat atau Jakarta.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah