Ungkap Hasil Pemeriksaan Sinar Api dari Kawah Gunung Tangkuban Parahu, PVMBG: Jangan Terpancing Isu Letusan

- 14 Februari 2023, 10:00 WIB
Gunung Tangkuban Parahu.
Gunung Tangkuban Parahu. /Instagram/@twa_tangkubanparahu/

PRFMNEWS – PVMBG Badan Geologi mengungkap hasil pemeriksaan oleh timnya terkait kemunculan sinar api atau titik api dari dalam Kawah Ecoma Gunung Tangkuban Parahu.

Selain menjelaskan hasil pemeriksaan sinar api dari dalam Kawah Ecoma, Badan Geologi juga menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada masyarakat termasuk untuk tidak terpancing isu letusan Gunung Tangkuban Parahu.

Badan Geologi membeberkan, sinar api dari dalam Kawah Ecoma terlihat pada tangkapan layar CCTV muncul di Gunung Tangkuban Parahu pada 9 Februari 2023.

Baca Juga: Titik Parkir Masjid Al Jabbar Makin Menjamur, Yana Mulyana: Harus Dikelola, Tarif Harap Lebih Murah

Selanjutnya, pada 10 Februari 2023, pihaknya mengirim tim untuk melakukan pemeriksaan terkait aktivitas Gunung Tangkuban Parahu yang terlihat mengeluarkan sinar api dari salah satu kawahnya itu.

Mengingat Gunung Tangkuban Parahu merupakan gunung api yang memiliki banyak kawah di antaranya, Kawah Ratu, Upas, Baru, Lanang, Ecoma, Jurig, Siluman, Domas, Jarian dan Pangguyangan Badak.

Adapun pemeriksaan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu termasuk pada Kawah Ecoma dilakukan tim Badan Geologi pada periode 10 – 11 Februari 2023.

Dari hasil pemeriksaan Kawah Ecoma yang dilakukan pada 10 Februari 2023 antara pukul 19.00 - 20.00 WIB, didapatkan hasil tidak terlihat kembali adanya sinar api yang berhubungan dengan adanya migrasi magma ke permukaan.

Baca Juga: KAI Amankan Barang Penumpang Senilai Lebih dari Rp4 Miliar

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x