Prabowo Tanggapi Rencana Tambah Kodam di Papua

- 12 Februari 2023, 12:00 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto /


PRFMNEWS - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menanggapi rencana penambahan Komando Daerah Militer (Kodam) di beberapa provinsi baru Indonesia.

Menurut Prabowo, penambahan Kodam tersebut sudah sesuai dengan sistem pertahanakan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata).

"Itu rencana garis besar kita karena sistem pertahanan kita adalah pertahanan bersama rakyat semesta, jadi kita butuh bersama selalu dengan pemerintah daerah, pemerintah sipil," kata Prabowo dikutip dari ANTARA, Sabtu 11 Februari 2023.

Baca Juga: Prabowo Subianto Raih 4 Bintang Kehormatan dari TNI

Saat ini terdapat 15 Kodam di seluruh Indonesia. Dengan rencana terbaru, Menhan menginginkan kodam berdiri di setiap provinsi, termasuk empat provinsi daerah otonomi baru (DOB) di Papua.

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan kapan rencana restrukturisasi Kodam tersebut dapat diimplementasikan.

"Kita godok terus. Insyaallah, kita mulai sedikit-sedikit," kata Prabowo.

Baca Juga: KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Raih Gelar Doktor Ekonomi dari Kampus Trisakti

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengemukakan rencana pihaknya membentuk markas kodam di setiap provinsi di Indonesia, yang disebutnya telah sepersetujuan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Menhan Prabowo.

"Sesuai dengan perintah dari Menhan dan Panglima TNI sudah setuju nanti setiap provinsi akan ada kodam," kata Dudung usai Rapat Pimpinan TNI AD Tahun Anggaran 2023 di Markas Besar AD, Jakarta, Jumat 10 Februari 2023.***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x