Status Gunung Ijen Naik ke Level II Waspada, Hati-hati Ada Peningkatan Aktivitas Vulkanik

- 8 Januari 2023, 10:10 WIB
Gunung Ijen naik status ke level II waspada.
Gunung Ijen naik status ke level II waspada. /Instagram @sahabat_pendaki/

PRFMNEWS - Badan Geologi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) RI menetapkan status Gunung Ijen naik dari level I normal menjadi level II waspada setelah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik.

Peningkatan status Gunung Ijen dari level 1 Normal menjadi level II Waspada terhitung sejak 7 Januari 2023.

Gunungapi Ijen secara geografis berada pada koordinat 08°03,30’ LS - 114°14,31’ BT. Berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental, terjadi peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Ijen.

Baca Juga: Update 8 Fakta Misteri Kasus Mutilasi Wanita di Kos-kosan Bekasi, Dilaporkan Hilang di Bandung Sejak 2019

Mengutip dari ANTARA, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Suparjan mengatakan, "Benar, sesuai rilis resmi Badan Geologi pada Kementerian ESDM, per hari ini pukul 14.00 WIB status Gunung Ijen dari normal naik menjadi waspada."

Menurutnya, peningkatan aktivitas vulkanik gunung api yang memiliki ketinggian 2.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terpantau suhu air danau Kawah Ijen pada bulan Desember 2022 terukur 16 derajat celcius, dan pada 5 Januari 2023, pemeriksaan kawah menunjukkan suhu air danau kawah meningkat menjadi 45,6 derajat celcius.

Ditandai dengan meningkatnya kejadian Gempa Hembusan dan Gempa Vulkanik Dangkal di gunung Ijen terjadi sejak bulan Juli 2022.

Baca Juga: Plat Nomor Mobil dan Motor akan Dipasang Chip dan QR Code, Apa Fungsi Teknologi ini? Begini Kata Polisi

Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan tekanan pada kedalaman dangkal sebagai akibat dari aktivitas hidrotermal Gunung Ijen.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x