Jelang Semester Baru Perkuliahan, Kemendikbud Minta Kampus Fokus Pembelajaran Teori

- 13 Juli 2020, 22:48 WIB
Ilustrasi perkuliahaan secara online.** /Dok Fakultas Hukum Unpas.


PRFMNEWS – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta perguruan tinggi (kampus) untuk memfokuskan kuliah atau pembelajaran teori pada awal semester baru di tengah masa pandemi Covid-19.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud, Prof. Aris Junaidi mengatakan, selain kuliah yang dilakukan secara online, perguruan tinggi khususnya bidang vokasi, sebisa mungkin melakukan praktik bersama mahasiswa hanya secara daring (online).

Jika tidak dimungkinkan untuk dilakukan secara daring, perguruan tinggi diharapkan menunda kegiatan praktek.

Baca Juga: Indonesia Ditargetkan Produksi Vaksin Covid-19 Mulai Awal Tahun 2021

“Kalaupun ada praktek, itu diupayakan dilakukan secara daring. Jika praktek pada situasi saat ini tidak dimungkinkan, maka sebaiknya ditunda hingga akhir tahun,” jelas Aris Saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (13/7/2020).

Aris menambahkan, Kemendikbud akan segera merilis protokol kesehatan untuk penggunaan laboratorium, bengkel, studio, dan tempat praktek lainnya. Saat ini Kemendikbud juga tengah menyiapkan protokol untuk pengerjaan tugas akhir mahasiswa.

“Ada beberapa pengeculian. Untuk kalangan mahasiswa yang harus menyelesaikan tugas akhirnya pada tahun ini, akan diperbolehkan untuk datang ke kampus untuk melakukan penambahan data penelitannya,” pungkas Aris.***

Editor: Rifki


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X