Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kemenkes Kembangkan Program Kesehatan Berbasis Kecerdasan Buatan

- 1 Desember 2022, 18:20 WIB
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin soal program kesehatan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence).
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin soal program kesehatan berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence). /Antara/Andi Firdaus/

PRFMNEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan setelah melandanya pandemi Covid-19 pada beberapa tahun belakangan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam pers di kantor Presiden, Jakarta, hari Kamis, 1 Desember 2022.

“Di Kementerian Kesehatan prioritas kita sudah bergeser, yang tadinya ke penanganan pandemi, sekarang kembali untuk fokus ke meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Kemnaker Berikan Waktu Hingga 7 Desember 2022 untuk Penetapan UMK 2023, Simak Alur Lengkapnya

Budi menambahkan bahwa pihaknya akan memfokuskan alokasi anggaran yang cukup untuk revitalisasi fasilitas kesehatan, seperti puskesmas, posyandu, kemudian program-program yang sifatnya promotif preventif.

“Fokusnya adalah ke pelayanan primer nomor satu. Jadi kita akan melakukan alokasi anggaran yang cukup untuk revitalisasi puskesmas, posyandu, kemudian program-program yang sifatnya promotif preventif. Itu adalah salah satu prioritas kita, menjaga agar masyarakat kita tetap sehat bukan mengobati orang sakit,” tambahnya.

Fokus kedua yaitu kemenkes akan melakukan restrukturisasi rumah sakit di seluruh Indonesia.

Restrukturisasi tersebut akan bekerja sama dengan beberapa jajaran seperti pemerintah daerah, Polri, dan TNI.

“Nanti kita akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, Polri, dan TNI supaya anggarannya pun disinergikan melalui mereka,” ujar Budi.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x