Menkes: Bukan Covid-19, Program Kesehatan Promotif Preventif hingga Berbasis AI Jadi Fokus Pemerintah di 2023

- 1 Desember 2022, 17:00 WIB
Menkes RI Budi Gunadi Sadikin paparkan soal Program Kesehatan Promotif Preventif berbasis Artificial Intelligencen (AI).
Menkes RI Budi Gunadi Sadikin paparkan soal Program Kesehatan Promotif Preventif berbasis Artificial Intelligencen (AI). /Foto: Humas Setkab/Oji/

PRFMNEWS - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan enam prioritas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat pada 2023 mendatang.

Menkes menyatakan enam fokus Kemenkes terkait peningkatan kualitas layanan kesehatan ini dipersiapkan seiring telah melandainya pandemi Covid-19.

Sehingga, Menkes Budi menyebut prioritas pemerintah pada 2023 bukan lagi menangani kasus pandemi Covid-19, melainkan semakin meningkatkan kualitas layanan kesehatan secara menyeluruh kepada masyarakat.

Baca Juga: Bantuan Terus Mengalir, Ridwan Kamil Sampaikan 4 Hal Penting untuk Para Donatur Korban Gempa Cianjur

“Di Kementerian Kesehatan prioritas kita sudah bergeser, yang tadinya ke penanganan pandemi, sekarang kembali untuk fokus ke meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat,” ucapnya, Kamis 1 Desember 2022.

Budi menuturkan, fokus pertama untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan pada 2023 adalah merevitalisasi fasilitas kesehatan hingga mengedepankan program yang bersifat promotif preventif (peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit).

“Fokusnya adalah ke pelayanan primer nomor satu. Jadi kita akan melakukan alokasi anggaran yang cukup untuk revitalisasi puskesmas, posyandu, kemudian program-program yang sifatnya promotif preventif. Itu adalah salah satu prioritas kita, menjaga agar masyarakat kita tetap sehat bukan mengobati orang sakit,” ujarnya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sukoharjo

Fokus kedua, lanjutnya, Kemenkes akan melakukan restrukturisasi rumah sakit di seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x