Menkes Nyatakan Kasus Gangguan Gagal Ginjal Akut di Indonesia Selesai Diatasi

- 19 November 2022, 11:29 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. /BPMI

 


PRFMNEWS – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa kasus gangguan gagal ginjal akut di Indonesia sudah selesai teratasi.

Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa kasus gangguan gagal ginjal akut berhasil diatasi, karena pemerintah telah menghentikan sementara konsumsi obat sirup.

“Kalau ginjal akut, dari sisi Kementerian Kesehatan sebenarnya sudah selesai. Kenapa? Sebab sejak kami berhentikan obat-obatan tersebut, itu kasusnya turun drastis,” kata Budi Gunadi Sadikin yang dikutip dari ANTARA hari ini, Sabtu, 19 November 2022.

Baca Juga: Polri Segera Tetapkan Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak

Keputusan menghentikan konsumsi obat sirup ini sejak 18 Oktober 2022 bersama dengan uji coba penawar Fomepizole terhadap 10 pasien di RSCM Jakarta dan terbukti efektif untuk pemulihan pasien.

Selain itu, pengumuman mengenai obat sirup yang aman berdasarkan uji keamanan dan mutu produk yang dilakukan BPOM pada 23 Oktober 2022.

“Sudah tidak ada kasus baru lagi, sudah dua setengah pekan. Jadi sudah selesai,” ujar Menkes RI.

Baca Juga: BPKN Bentuk Tim Pencari Fakta Kasus Gagal Ginjal Akut, Berikut 9 Anggotanya

Hasil investigasi pun telah membuktikan bahwa obat-obatan sirop yang mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol adalah penyebab gangguan gagal ginjal akut.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x